Sedekah lah Selagi Bisa…………

Agama Islam mengatur semua hal tentang kehidupan baik untuk kepentingan di dunia maupun di akhirat. Segenap aspek kehidupan kita (Alhamdulillah) telah diatur sedemikian lengkap dan detail oleh sang maha pencipta ALLAH SWT. Mulai dari tata cara ibadah, berbakti kepada orang tua, menuntut ilmu yang bermanfaat, mencari rezeki yang halal, hidup bermasyarakat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun sayangnya, banyak orang menganggap beribadah kepada ALLAH SWT cukup hanya dengan menjalankan sholat lima waktu atau berpuasa di bulan Ramadhan. Banyak orang lupa atau bahkan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.  Padahal sebagai umat Islam, harusnya memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap sesama karena tolong menolong (dalam kebaikan) merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Kepedulian kita terhadap sesama, terutama terhadap orang yang membutuhkan pertolongan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan bersedekah. Seandainya umat Islam benar-benar menjalankan syariat Islam, InsyaALLAH tidak akan kita temui orang-orang yang kelaparan atau orang-orang yang lebih memilih mengakhiri hidup dengan cara tragis karena kesulitan hidup. Atau mungkin juga apabila syariat Islam kita jalankan dengan sebenar-benarnya, tidak akan kita lihat ada anak-anak yang putus sekolah, tidak akan kita temui (atau jarang kita temui) tindak kejahatan, pencurian atau perampokan terhadap barang-barang milik orang lain. Berbagai kasus yang saya sebut diatas, faktanya adalah bersumber pada satu hal yaitu ketidakmampuan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga jalan keluar yang dipilih akhirnya pun bermacam-macam.

Sifat dermawan merupakan salah satu ahlak yang terpuji. Dan bila seorang mukmin yang mampu secara finansial memiliki sifat dermawan, InsyaALLAH akan lebih dekat kepada surga. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW  : “Orang dermawan dekat kepada ALLAH, dekat kepada orang, dekat kepada surga dan jauh dari neraka. Dan orang pelit jauh dari ALLAH, jauh dari orang, jauh dari surga dan dekat kepada neraka”. (HR.At-Tarmidzi).

Setiap orang muslim dianjurkan untuk melaksanakan sedekah, tidak terkecuali laki-laki atau perempuan. Bahkan Nabi Muhammad menganjurkan bersedekah setiap hari. Namun bentuk sedekah tidak sama bagi setiap orang. Bagi orang muslim, sedekah bisa berbentuk sebagai berikut :

1. Sedekah dengan kebaikan. Adapun sedekah dengan kebaikan ini bukan berupa harta. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW : “Pintu-pintu sedekah adalah bertakbir, bertasbih, bertahmid, bertahlil, beristigfar, memerintahkan kepada yang baik dan mencegah dari yang mungkar, menyingkirkan duri, tulang dan batu di jalanan yang dilalui orang, menuntun orang buta, membantu orang tuli untuk mendengar suatu perkataan….semua itu adalah pintu sedekah bagimu terhadap dirimu.” (HR.Ahmad). Dari hadis tersebut  bisa disimpulkan bahwa tidak ada alasan bagi siapapun untuk tidak bersedekah setiap harinya bahkan orang fakir sekalipun masih bisa melakukan sedekah. Karena semua perbuatan baik yang kita lakukan apalagi bila hal tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain maka hal tersebut juga merupakan sedekah.

2. Sedekah harta. Hal ini wajib bagi mereka yang berharta. Sedekah orang-orang yang memiliki harta bisa berupa uang, hewan ternak, emas, dan berbagai jenis harta benda lain yang dimiliki olehnya. Agama Islam sangat menganjurkan, agar orang-orang Islam yang berharta bisa memanfaatkannya di jalan ALLAH serta bisa membantu sesama yang membutuhkan pertolongan.

Namun sayangnya, kenyataan yang kita temui saat ini sangat jauh dari ajaran Islam. Banyak orang berlomba-lomba menumpuk harta hanya untuk dirinya sendiri dan keluarganya saja. Berlomba-lomba untuk menyimpan uang sebanyak-banyaknya untuk kesenangan dirinya dan sama sekali tidak memiliki kepedulian kepada sesama yang membutuhkan. Apabila ia berharta, sangat enggan bersedekah, seolah-olah kalau ia menyedekahkan sejumlah hartanya maka ia akan hidup miskin. Seakan-akan apabila ia menyedekahkan hartanya, maka ia tidak mampu lagi makan dan minum, tidak mampu lagi menyekolahkan anaknya, tidak mampu lagi membeli keperluan hidupnya. Padahal, semakin banyak oranga bersedekah, InsyaALLAH semakin bertambah berkah nya juga surga jaminan baginya.

Alhamdulillah, ditengah kehidupan dunia yang semakin kejam, ditengah kehidupan manusia-manusia yang semakin egois, ternyata saya masih bisa menemui orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dengan harta yang dimilikinya  (yang InsyaALLAH) melimpah, orang tersebut tidak pernah lupa untuk bersedekah. Orang tersebut tidak pernah menghitung-hitung berapa banyak harta yang telah ia keluarkan untuk membantu orang lain, tidak pernah meminta atau mengharap timbal balik atau balas budi dari orang-orang yang pernah ditolongnya.  Orang tersebut sangat memahami hakikat kehidupan di dunia ini. Bahwa di setiap harta yang dimilikinya sesungguhnya ada hak-hak orang lain juga di dalamnya. Dan bahwa ALLAH SWT memberikan kemudahan melalui dirinya, untuk memperoleh kekayaan yang berlimpah untuk bisa membantu sesama. Subhanallah, semoga ALLAH SWT senantiasa melimpahkan rezeki dan kesehatan serta kebahagiaan hidup dunia dan akhirat  bagi orang-orang dermawan. Dan InsyaALLAH dengan segala kenikmatan yang ALLAH SWT berikan  masih tetap dipergunakan di jalan ALLAH SWT. Semoga kita semua, mahluk-mahluk ciptaan ALLAH senantiasa diberikan kemudahan dalam mencari rezeki sehingga ladang sedekah kita tidak hanya bagi diri kita sendiri namun juga bisa memberikan manfaat dan pertolongan bagi orang lain yang hidup dalam kesulitan. Semoga kita, senantiasa selalu bisa bersedekah sesuai kemampuan kita masing-masing, selagi bisa….selagi nyawa masih dikandung badan. InsyaALLAH……..

2 Tanggapan to “Sedekah lah Selagi Bisa…………”

  1. Ass bu eka, very nice article:) hopefully there’re a lot of people like you in this world;) wass…

    Best regard,
    Shelly Ricky

    • Ass.Bu Eka,sy pernah membuktikan bahwa ktika ikhlas sedekah balasan berlipat ganda dr Allah akan kita dapatkan….tahun 2007,ketika itu sy ketinggalan laptop(harga 2,5jt) di taksi gelap di manado,sy tdk tau plat nomor,telp/hp tetapi krn sy sedekahkan 10rb di kotak amal di hotel,hanya dlm tempo 2 jam sejak jam 1 pagi sy sdh dapatkan kembali laptop sy…..betapa dasyatx pertolongan Allah…cuma 10 rb…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: